Nama Guru : Novarief Saisywa, S.Kom.
Satuan Pendidikan : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas / Semester : 2A/2
Hari, Tanggal : Senin, 06 Januari 2025
Standar Kopetensi : Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Gambar
Kopetensi Dasar : Menunjukkan Menu dan Ikon yang Terdapat dalam Pengolah Gambar
Pembelajaran Ke : 1
Selamat pagi anak sholeh - sholehah kelas 2A SD AL - AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
Bagaimana kabarnya sholeh-sholehah hari ini? Alhamdulillah, Luar biasa, Allahuakbar.
Semoga kita selalu diberikan kesehatan oleh Allah Subhanahu Wata'ala
Sebelum kita memulai belajar hari ini mari kita membaca Doa Belajar

3. Capaian Pembelajaran
- Peserta didik mampu menunjukkan menu dan ikon yang terdapat dalam pengolah gambar.
6. Kegiatan Awal (Sapaan)
Assalammualaikum anak sholih dan sholihah bagaimana kabarnya hari ini? semoga selalu diberikan kesehatan. Aamiin.
7. Apersepsi
8. Materi Pembelajaran
Paint adalah program atau perangkat lunak yang digunakan untuk menggambar di
komputer.
Dengan Program Paint kalian bisa membuat gambar di komputer dengan
mudah.
- New: Membuat gambar baru.
- Open: Membuka gambar yang sudah ada.
- Save: Menyimpan gambar yang sedang dikerjakan.
- Save As: Menyimpan gambar dengan nama atau format yang berbeda.
- Print: Mencetak gambar.
- Exit: Menutup aplikasi Paint.
- Undo: Membatalkan tindakan terakhir.
- Redo: Mengulangi tindakan yang dibatalkan.
- Cut: Memotong bagian gambar yang dipilih.
- Copy: Menyalin bagian gambar yang dipilih.
- Paste: Menempelkan bagian gambar yang telah dipotong atau disalin.
- Select All: Memilih seluruh gambar.
3. Tools Menu
- Select: Memilih area gambar.
- Pencil: Alat menggambar dengan garis tipis.
- Brush: Alat menggambar dengan berbagai jenis kuas.
- Eraser: Menghapus bagian gambar.
- Fill: Mengisi area dengan warna tertentu.
- Text: Menambahkan teks pada gambar.
- Line: Menggambar garis lurus.
- Curve: Menggambar kurva.
- Polygon: Menggambar poligon.
- Ellipse: Menggambar bentuk elips atau lingkaran.
- Rectangle: Menggambar bentuk persegi panjang atau kotak.
Ikon
Ikon adalah gambar kecil yang memiliki arti.
Ikon |
Nama Ikon |
Kegunaan Ikon |
Ellipse / Oval |
Menggambar
bentuk lingkaran atau
bulat |
|
Rounded
Rectangle
|
Menggambar
bentuk kotak dengan
sudut lengkung |
|
Rectangle |
Menggambar
bentuk persegi panjang
/ Kotak |
|
Curve |
Menggambar
garis lengkung |
|
Select
|
Memilih bagian gambar dengan bentuk area persegi |
|
Eraser |
Menghapus
gambar |
|
Text |
Mengetik huruf dan angka atau menulis |
|
Fill
With Color |
Mewarnai atau mengisi suatu bidang gambar dengan warna warna foreground |
|
Line |
Menggambar
garis lurus |
|
Pencil |
Membuat Gambar |
|
Polygon |
Menggambar segi tiga atau Segi banyak |
|
FreeFrom
Select |
Memilih bagian gambar dengan bentuk area bebas |
|
Pick
Color |
Mengambil warna dari suatu gambar |
|
Magnifier |
Memperbesar
tampilan gambar |
|
Brush |
Menggambar bebas degan menggunakan ketebalan garis yang kita inginkan |
|
Airbrush |
Mewarnai seperti cat semprot |
9. Penutup
Demikian untuk pembalajaran hari ini yang dapat bapak sampaikan, semoga apa yang bapak sampaikan bermanfaat bagi kita semua.
Jangan lupa selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga dan jangan lupa selalu berbuat baik dan selalu tolong menolong dan serta jagalah kesehatan.
pertemuan selanjutnya, kita akan menggambar di komputer 😉😉😉😉
REFLEKSI ATAU KESIMPULAN PEMBELAJARAN
Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini dapat diketahui bahwa semua peserta didik sudah mampu memahami materi tentang Menu dan Ikon pada Program Paint dengan baik
Dokumentasi Pembelajaran
0 Komentar