TIK 2A, Senin 06 Januari 2025


Selamat datang di Kelas 2A


Nama Guru                       : Novarief Saisywa, S.Kom.
Satuan Pendidikan       : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung
Mata Pelajaran                : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas / Semester            : 2A/2
Hari, Tanggal                   : Senin, 06 Januari 2025
Standar Kopetensi        : Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Gambar
Kopetensi Dasar            : Menunjukkan Menu dan Ikon yang Terdapat dalam Pengolah Gambar 
Pembelajaran Ke           : 1


Selamat pagi anak sholeh - sholehah kelas 2A SD AL  - AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG

Bagaimana kabarnya sholeh-sholehah hari ini? Alhamdulillah, Luar biasa, Allahuakbar.
Semoga kita selalu diberikan kesehatan oleh Allah Subhanahu Wata'ala

Sebelum kita memulai belajar hari ini mari kita membaca Doa Belajar 


Aamiin, Aamiin Ya Rabbal Alamin

1. Alur Tujuan Pembelajaran
- Menunjukkan menu dan ikon yang terdapat dalam pengolah gambar.

2. Tujuan Pembelajaran
- Peserta didik dapat menunjukkan menu dan ikon yang terdapat dalam pengolah gambar.

3. Capaian Pembelajaran
- Peserta didik mampu 
menunjukkan menu dan ikon yang terdapat dalam pengolah gambar.

4. Metode Pembelajaran
- Ceramah, tanya jawab, dan penugasan

5. Alat Peraga/Bahan Ajar
- LCD proyektor, komputer, Modul TIK Yayasan Al Azhar

6. Kegiatan Awal (Sapaan)
Assalammualaikum anak sholih dan sholihah bagaimana kabarnya hari ini? semoga selalu diberikan kesehatan. Aamiin. 
Sebelum pelajaran hari ini dimulai mari kita murojaah surat terlebih dahulu ya.

7. Apersepsi
Hari ini pertemuan bapak dan anak - anak disemester 2.
Disini bapak ingin mengulas kembali materi kita di smester 1, coba bapak ingin bertanya adakah yang masih ingat perangkat lunak yang kita gunakan untuk menggambar? 
Masyaallah Sholih Sholihah disini masih ingat semua.
Betul sekali, kita menggambar menggunakan aplikasi PAINT. 
Untuk hari ini kita akan belajar tentang Ikon Ikon yang terdapat didalam program paint.

8. Materi Pembelajaran

Menu dan Ikon Aplikasi Pengolah Gambar
Kita dapat menggambar di komputer menggunakan Program Paint.

Paint adalah program atau perangkat lunak yang digunakan untuk menggambar di komputer.

Dengan Program Paint kalian bisa membuat gambar di komputer dengan mudah.


1. File Menu
  • New: Membuat gambar baru.
  • Open: Membuka gambar yang sudah ada.
  • Save: Menyimpan gambar yang sedang dikerjakan.
  • Save As: Menyimpan gambar dengan nama atau format yang berbeda.
  • Print: Mencetak gambar.
  • Exit: Menutup aplikasi Paint.


2. Edit Menu

  • Undo: Membatalkan tindakan terakhir.
  • Redo: Mengulangi tindakan yang dibatalkan.
  • Cut: Memotong bagian gambar yang dipilih.
  • Copy: Menyalin bagian gambar yang dipilih.
  • Paste: Menempelkan bagian gambar yang telah dipotong atau disalin.
  • Select All: Memilih seluruh gambar.


3. Tools Menu

  • Select: Memilih area gambar.
  • Pencil: Alat menggambar dengan garis tipis.
  • Brush: Alat menggambar dengan berbagai jenis kuas.
  • Eraser: Menghapus bagian gambar.
  • Fill: Mengisi area dengan warna tertentu.
  • Text: Menambahkan teks pada gambar.
  • Line: Menggambar garis lurus.
  • Curve: Menggambar kurva.
  • Polygon: Menggambar poligon.
  • Ellipse: Menggambar bentuk elips atau lingkaran.
  • Rectangle: Menggambar bentuk persegi panjang atau kotak.

Ikon

Ikon adalah gambar kecil yang memiliki arti.

Gambar Ikon Aplikasi Paint.

Daftar ikon pada aplikasi Paint yang dapat kita gunakan untuk menggambar.

Ikon

Nama Ikon

Kegunaan Ikon

 Ellipse / Oval

 Menggambar bentuk lingkaran

 atau bulat

 Rounded  

 Rectangle

 Menggambar bentuk kotak

 dengan sudut lengkung

 Rectangle

 Menggambar bentuk persegi

 panjang / Kotak

 Curve

 Menggambar garis lengkung

 Select

 Memilih bagian gambar dengan bentuk area persegi

 Eraser

 Menghapus gambar

 Text

 Mengetik huruf dan angka atau menulis

 Fill With Color

 Mewarnai atau mengisi suatu bidang gambar dengan warna warna foreground

 Line

 Menggambar garis lurus

 Pencil

 Membuat Gambar

 Polygon

 Menggambar segi tiga atau Segi banyak

 FreeFrom Select

 Memilih bagian gambar dengan  bentuk area bebas

 Pick Color

 Mengambil warna dari suatu gambar

 Magnifier

 Memperbesar tampilan gambar

 Brush

 Menggambar bebas degan menggunakan ketebalan garis yang kita inginkan

 Airbrush

 Mewarnai seperti cat semprot

 

 

9. Penutup

Demikian untuk pembalajaran hari ini yang dapat bapak sampaikan, semoga apa yang bapak sampaikan bermanfaat bagi kita semua.

Jangan lupa selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga dan jangan lupa selalu berbuat baik dan selalu tolong menolong dan serta jagalah kesehatan.

pertemuan selanjutnya, kita akan menggambar di komputer 😉😉😉😉


REFLEKSI ATAU KESIMPULAN PEMBELAJARAN

Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini dapat diketahui bahwa semua peserta didik sudah mampu memahami materi tentang Menu dan Ikon pada Program Paint dengan baik 


Dokumentasi Pembelajaran












Posting Komentar

0 Komentar