Selamat datang di Kelas 2C
Nama Guru : Novarief Saisywa, S.Kom.
Satuan Pendidikan : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas / Semester : 2C/1
Hari, Tanggal : Selasa, 8 Oktober 2024
Standar Kopetensi : Mengenal Perangkat Lunak Pengolah Gambar
Kopetensi Dasar : Mengenal Program Paint
Pembelajaran Ke : 11
Selamat pagi anak sholeh - sholehah kelas 2C SD AL - AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
Bagaimana kabarnya sholeh-sholehah hari ini? Alhamdulillah, Luar biasa, Allahuakbar.
Semoga kita selalu diberikan kesehatan oleh Allah Subhanahu Wata'ala
Sebelum kita memulai belajar hari ini mari kita membaca Doa Belajar
1. Alur Tujuan Pembelajaran
- Mengetahui Menu - Menu pada Menu Bar Program Paint
- Menyebutkan dan menjelaskan Menu - Menu pada Menu Bar Program Paint
2. Tujuan Pembelajaran
- Peserta didik dapat menyebutkan dan menjelaskan Menu - Menu pada Menu Bar Program Paint
3. Capaian Pembelajaran
- Peserta didik mampu menyebutkan serta menjelaskan Menu - Menu pada Menu Bar Program Paint
4. Metode Pembelajaran
6. Kegiatan Awal (Sapaan)
Assalammualaikum anak sholih dan sholihah bagaimana kabarnya hari ini? semoga selalu diberikan kesehatan. Aamiin. Sebelum pelajaran hari ini dimulai mari kita murojaah surat terlebih dahulu ya.
7. Apersepsi
8. Materi Pembelajaran
Menu bar adalah deretan menu yang digunakan untuk menjalankan suatu perintah. Berikut ini adalah isi dari Menu Bar program Paint:
Menu Help
Menu Help ini tidak ada hubungannya dengan pengolahan gambar pada Paint. Berikut ini kegunaan dari masing-masing Submenu Help:
1. Help Topic
Help Topic digunakan untuk mencari pertolongan apabila kalian mengalami kesulitan dalam mengolah gambar. Untuk memahami hal ini, kalian harus mengerti Bahasa Inggris.
2. About Paint
Apabila kamu meng-klik Submenu About Paint maka akan muncul kotak dialog yang menerangkan tentang versi, hak cipta, dan nama pengguna komputer serta beberapa informasi penting lainnya.
Latihan Soal :
Jelaskan kegunaan dari Submenu di bawah ini!
No | Nama | Kegunaan |
1. | New | ................................. |
2. | Open | ................................. |
3. | Save | ................................. |
4. | Copy | ................................. |
5. | Cut | ................................. |
6. | Exit | ................................. |
7. | Zoom | ................................. |
8. | Print | ................................. |
9. | Undo | ................................. |
10. | Repeat | ................................. |
Tulislah nama dari gambar di bawah ini!
PR (MODUL TIK)
Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang benar!
1. Jumlah Submenu pada Menu File adalah ...
a. 10 b. 11 c. 9
2. Open digunakan untuk ...
a. Menyimpan b. Mencetak c. Membuka Gambar
3. Ikon yang digunakan untuk memotong gambar adalah ...
a. Cut b. Copy c. Print
a. Paste b. Font Size c. Font Style
5. Copy adalah Submenu dari Menu ...
a. Edit b. File c. Image
6. Ikon yang digunakan untuk membatalkan perintah adalah ...
a. Save b. Undo c. Open
7. Gambar ikon disamping digunakan untuk ...
a. Memiringkan b. Mencetak c. Menebalkan Tulisan
8. Ikon yang digunakan untuk mengganti jenis huruf adalah ...
a. Font b. Font Size c. Underline
9. Ikon Draw Opaque adalah ...
10. Untuk memiringkan gambar yang telah dibuat digunakan ...
a. Stretch / Skew b. Attributes c. Colors
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!
2. Gambar ikon disamping digunakan untuk ...
3. Font Size digunakan untuk ...
4. Save As digunakan untuk ...
5. Exit digunakan untuk ...
Nilai | Kerapihan | T T G | T T O |
9. Penutup
Demikian untuk pembalajaran hari ini yang dapat bapak sampaikan, Jangan lupa selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga dan jangan lupa selalu berbuat baik dan selalu tolong menolong dan serta jagalah kesehatan.
REFLEKSI ATAU KESIMPULAN PEMBELAJARAN
Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini dapat diketahui bahwa semua peserta didik sudah mampu memahami materi tentang Menu - Menu pada Menu Bar Program Paint dengan baik
Dokumentasi Pembelajaran
0 Komentar