Selamat datang di Kelas 2A
Nama Guru : Novarief Saisywa, S.Kom.
Satuan Pendidikan : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas / Semester : 2A/1
Hari, Tanggal : Senin, 30 September 2024
Standar Kopetensi : Mengenal Perangkat Lunak Pengolah Gambar
Kopetensi Dasar : Mengenal Program Paint
Pembelajaran Ke : 10
Selamat pagi anak sholeh - sholehah kelas 2A SD AL - AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
Bagaimana kabarnya sholeh-sholehah hari ini? Alhamdulillah, Luar biasa, Allahuakbar.
Semoga kita selalu diberikan kesehatan oleh Allah Subhanahu Wata'ala
Sebelum kita memulai belajar hari ini mari kita membaca Doa Belajar
1. Alur Tujuan Pembelajaran
- Mengetahui Menu - Menu pada Menu Bar Program Paint
- Menyebutkan dan menjelaskan Menu - Menu pada Menu Bar Program Paint
2. Tujuan Pembelajaran
- Peserta didik dapat menyebutkan dan menjelaskan Menu - Menu pada Menu Bar Program Paint
3. Capaian Pembelajaran
- Peserta didik mampu menyebutkan serta menjelaskan Menu - Menu pada Menu Bar Program Paint
4. Metode Pembelajaran
6. Kegiatan Awal (Sapaan)
Assalammualaikum anak sholih dan sholihah bagaimana kabarnya hari ini? semoga selalu diberikan kesehatan. Aamiin. Sebelum pelajaran hari ini dimulai mari kita murojaah surat terlebih dahulu ya.
7. Apersepsi
Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang Menu - Menu pada Menu Bar Program Paint yaitu menu edit dan menu view, ada yang bisa menyebutkan beberapa menu yang ada didalam Menu Edit? betul sekali, jadi beberapa menu yang ada didalam Menu Edit yaitu Undo, Repeat, Cut, Copy, Paste, Clear Selection, Select All . Untuk hari ini kita akan belajar tentang Menu - Menu pada Menu Bar Program Paint yaitu Menu Image, Menu Colors, dan Menu Help.
8. Materi Pembelajaran
Menu bar adalah deretan menu yang digunakan untuk menjalankan suatu perintah. Berikut ini adalah isi dari Menu Bar program Paint:
4. Menu Image
Berikut ini kegunaan masing-masing Submenu Image:
1. Flip / Rotate
Flip / Rotate digunakan untuk memindahkan atau memutar gambar yang sedang dibuat.
2. Stretch / Skew
Stretch / Skew digunakan untuk memiringkan gambar yang dibuat.
3. Invert Colors
Invert Colors digunakan untuk mengubah atau membalikkan antara warna latar belakang dengan warna di depannya.
4. Attributes
Attributes digunakan untuk memberitahukan mengenai attribut atau sifat dari sebuah gambar yang dibuat atau diedit.
5. Clear Image
Clear Image digunakan untuk membersihkan atau menghapus seluruh gambar yang sudah dibuat di jendela Paint.
6. Draw Opaque
Draw Opaque digunakan jika kalian ingin menyatukan satu atau beberapa gambar dengan menyertakan latar belakangnya.
5. Menu Colors
Menu Colors hanya terdiri dari satu Submenu, yaitu Edit Colours. Edit Colors digunakan untuk menampilkan warna dalam jumlah yang lebih banyak dari pada warna yang ada dalam Color Box.
Latihan Soal :
Jelaskan kegunaan dari Submenu di bawah ini!
No | Nama | Kegunaan |
1. | New | ................................. |
2. | Open | ................................. |
3. | Save | ................................. |
4. | Copy | ................................. |
5. | Cut | ................................. |
6. | Exit | ................................. |
7. | Zoom | ................................. |
8. | Print | ................................. |
9. | Undo | ................................. |
10. | Repeat | ................................. |
9. Penutup
Demikian untuk pembalajaran hari ini yang dapat bapak sampaikan, Jangan lupa selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga dan jangan lupa selalu berbuat baik dan selalu tolong menolong dan serta jagalah kesehatan.
REFLEKSI ATAU KESIMPULAN PEMBELAJARAN
Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini dapat diketahui bahwa semua peserta didik sudah mampu memahami materi tentang Menu - Menu pada Menu Bar Program Paint dengan baik
Dokumentasi Pembelajaran
0 Komentar